jenis kambing dan domba


Kambing Beetal
Kambing ini adalah saudara dekatnya Jamnapari, coba perhatikan ciri fisiknya..
Adalah jenis kambing yang ditemuka di Punjab, Pakistan dan India, biasanya berwarna merah atau hitam, telinganya berjumbai, pada Jantan tanduknya memutar ke arah belakang. Keturunannya mirip dengan Jamnapari ( di Indonesia di kenal dengan Etawa )
Jenis ini lebih unggul daripada jamnapari karena lebih produktif dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan kondisi agro-ekologi
Warna bulu  kambing beetal (beetal goats)adalah : hitam,coklat atau bercak putih. Wajahnya Cembung tapi tidak menonjol seperti jamnapari. Telinga panjang, datar, terkulai. Jantan dan betina memiliki tanduk. Ekor kecil da tipis. Ambing ( kantong susu ) besar dan berkembang dengan baik, dot berbentuk kerucut besar.
Karakteristik:
Laki-laki dewasaBetina dewasa
Berat badan
59.0759,07
34.97 34,97
Panjang tubuh
85. 85.
70.42 70,42
Tinggi pada withers
91.6091,60
77.13 77,13
Dada ketebalan
86.0 86,0
73.7 73,7
Reproduksi:
Hari
Umur pada awalnya761 761
Kidding intervalKidding interval
368 368
Service periodPeriode layanan
160 160
Kidding percentageKidding persentase
176 176
Litter size: (%)
Singles40.66 40,66
Twins52.6 52,6
Kembar
6.52 6,52
Quadruplets0.22 0,22

Barbari Goat

Kambing Barbari
Adalah Jenis kambing yang berkembang biak di Uttar Pradesh dan Punjab, provinsi barat laut India dan Pakistan. Dikembang biakkan sebagai kambing pedaging.
  Breed Characteristics:
Adult malesAdult females
Body weight37.8522.56
Body length70.4558.68
Height at withers70.6756.18
Chest girth75.5364.3
Conformation: Small animals, with compact body. The orbital bone is quite prominent, so that eyes appear bulging. There is wide variation in coat color, but white with small light brown patches ,is the most typical. Ears are short, tubular, almost double) with the slit opening in front, erect, directed upward and outward. Both sexes have twisted horns, medium in length and directed upward and backward; horn length: 11.17 cm. Bucks have a large thick beard.
Flock structure: The average flock contains 9.25 individuals (2 to 31 ), of which 0.6 adult males, 5.3 adult females and 3.4 young.
Management and feeding: Stationary. Mostly maintained on browsing and grazing stubble of cultivated crops and tree leaves. Cultivated fodders (e.g. berseem, wheat straw) and grains (e.g. maize, barley, millets) are commonly offered. The animals are generally housed in thatched sheds inside the house. Most males are castrated at ages between 7 to 30 days by the open method, with a blade, and are fattened on milk for slaughter on festive occasions.
  Reproduction:
Days
Age at first kidding648
Kidding interval348
Service period70
Kidding percentage (%)70.2
Litter size: (%)
Singles49.64
Twins49.32
Triplets1.04
Quadruplets
Mortality %:
Pre-weaning0.87
Adults0.19
Performance:
Milk
Lactation yield (Kg)107.120
Lactation length (days)150.13
Meat (kg.)
At birth1.739
At weaning6.661
6 months7.800
9 months12.566
12 months14.517
Hair  (g per year)
Di amerika jenis kambing barbari disebut aoudad
The aoudad (Ammotragus lervia) disebut Barbary “Domba”, tapi tidak benar-benar seekor domba. Mereka datang dari Afrika Utara di Barbary Coast, dan di sanalah mereka mendapatkan nama mereka.
Merata yang aoudad menjembatani jarak biologis antara domba dan kambing, tetapi mereka adalah spesies yang sejati, dan bukan hibrida. Mereka memiliki ciri-ciri dari kedua domba dan kambing, dan protein dalam darah mereka adalah 50% seperti domba dan 50% seperti kambing ‘.
Berat Aoudads Jantan 110pounds – 350 pounds tinggi 36-39 inch, sedangkan betina beratnya mencapai 90-125 pounds dan tingginya lebih pendek 5inch dari yang jantan.
Baik Jantan ataupun betina mempunyai tanduk

Bagot Goat

Kambing Bagot
***lengan barons bagot yang menarik kambing bagot***
Adalah Jenis kambing tertua di Inggris
Kambing ii dibawa asuk ke inggris pada zaman perang salib dari lembah rhone.
Mulai diternakkan secara luas pada tahun 1957
Kambing ini adalah kambing semi liar,  sulit dibedakan dengan domba. Perbedaan nya adalah jika pada kambing ekornya menghadap ke atas sedangka doba ke bawah. Juga pada tanduknya, kambing tanduknya lebih besar dan mengarah ketas, melingkar cenderung melingkar kembali kea rah depan, sedagkan domba tumbuh ke samping kemudian kebelakang.  Jenis Jantannya berjanggut. Dahi kambing cembung sedangkan domba cekung.

Argentata Goat

Kambing Argentata dari sekitar Gunung Etna di bagian timur sisilia dan dibesarkan di Provinsi Catania, Messina, Enna dan Palermo. Asal Usul jenis ini sangat tidak dikenal dan sekarang sudah menjadi sangat langka
Namanya yang diterjemahkan Sebagai Argentata Perak diambil dari warna bulunya, yaitu percampuran antara putih dan abu-abu hitam. Jenis kambing ini adalah kambing yang diambil susunya dan secara tradisioal susuna diperah untuk baha pembuatan keju dari timur Sisilia.

Arapawa Goat

Kambing pulau Arapawa adalah jenis kambing liar, keturunan dari jenis kambing English landrace, jeis kambing inggris yang sudah tidak diketemukan lagi hidup di Inggris. Pada tahun 1970 Beberapa diekspor ke daerah Amerika Utara dan daerah lainnya  untuk dikembang biakkan
Menurut cerita nenek moyang jenis ini yaitu English Landrace dibawa oleh kapten James Cook pada saat menemukan Selandia Baru tahun 1773
Kambing arapawa hidup di pulau Arapawa, New Zealand/Selandia Baru
Di habitat aslinya diperkirakan tinggal 300 ekor saja, Jumlahnya tidak pernah menjadi sangat banyak karena di habitat aslinya menjadi hewan buruan.
Warna bulu kambing jenis  ini ada berbagai macam, seperti pola2 warna putih, cokelat, cokelat dan hitam adalah warna yang umum ditemui. Jantan mempunyai tanduk yang menyapu luas sedangkan betina memiliki tanduk yang mengarah ke belakang.
Karena hidup bebas di alam maka pergeraka mereka lebih lincah da gesit dalam melompat lompat dibandingkan kambing jenis lain, seperti persilangan kucing dan rusa

Appenzell Goat

Kambing Appenzell
Kambing ini berbulu putih dengan  bulu yang panjangnya sedang, memiliki perpaduan anggota tubuh yang baik. Bentuk tubuh yang lebih lebar da lebih kecil dibandingkan kambing saanen. Jantan tingginya berkisar 75-85cm berat 65kg sedangkan betina 70-80cm berat 45kg.
Kambing ini berkembang biak di Negara Swiss, daerah sebara nya sekitar Canton Appenzell, St.Gallen (Togeburg), di Canton Zurich dibiakkan jenis Appenzell yang merupakan hasil dari persilangan antara Appenzell dengan Saanen. Saat ini jumlahya sangat sedikit.
Kandungan Susu pada periode menyusui hamper sama dengan kambing jenis lain yaitu:
700-800kg, Lemak 2,9%, protein 2,7% , durasi laktasi 270 hari,

Kambing Anggora

Kambing jenis ini berasal dari distrik angora di sekitaran asia kecil, kambing jenis ini sudah dikenal sejak zaman nya nabi musa sebelum sejarah alkitab ??? yaitu sekitar 1571-1451 Sebelum masehi.
Perdagangan bulu kambing inipun sudah dimulai sejak awal abad ke 19 dan menjadi komoditas yg berharga pada saat itu.
Rambut/bulu kambing ini dikenal dengan nanama MOHAIR
Pada tahun 1554 Charles V membawa kambing ini ke Eropa. Tahun 1765 diimpor oleh Pemerintah Spanyol, dan 20 tahun setelah itu banyak yang mulai membawanya ke Perancis.
Namun tak satupun yang berhasil dalam mengembang kan usaha import kambing jenis ini dalam periode tersebut. Yang pertama berhasi dalam mengembangkan usaha import adalah Uni Afrika Selatan pada tahun 1838, dan menjadi pengimport MOHAIR terbesar dibawah Amerika Serikat dan Turki.
Ciri paling berharga dari angora dibanding kambing jenis lain adalah nilai MOHAIR yg dipotong. Di AS rata2 berat MOHAIR yg digunting dari tiap ekor kambing adalah sekitar 5.3 ponds, menghasilakn serat dengan panjang antara 12-15cm
Mohair sangat mirip dengan WOL dlm komposisi kimia teteapi tdk memiliki permukaan yg halus Persamaan yg paling mendasar adalah pada seratnya yg kuat dan elastis.
Mohair banyak digunakan sebagai upholstering pembuatan plushes dan bahan-bahan yang mencakup di mana kekuatan, keindahan, dan daya tahan yang diinginkan.
Ciri Fisik
  1. Jantan dan betina bertanduk
  2. Tanduk jantan berbentuk spiral yg ujungnya menjauh dari kepala
  3. Tanduk betina relative lebih kecil dan cenderung tidak berbentuk spiral, biasanya tdk lebih dr 9-10inch
  4. Telinga tebal dan kendur
  5. Bentuk tubuh jantan/betina lebih kecil disbanding kambing jenis lain
  6. Berat jantan berkisar 180-225 pounds , mencapai berat maksimal sebelum umur 5thn
  7. Karakteristik jantan/betina lebih mirip ke domba, walaupun cirri kambing lebih dominan

Kambing Anglo-Nubian

Nama Lain: Nubia (USA)
Anglo-nubia dikembangkan di Inggris oleh British persilangan kambing dengan kambing dari asal Afrika dan India.
Anglo Nubian merupakan kambing serba guna, berguna untuk daging, susu . Jenis Ini bukan produsen susu yang baik namun memiliki rata-rata yang tinggi kandungan lemak mentega (antara empat dan lima persen. Kambing Anglo Nubian musim kawin nya lebih lama daripada kambing keturunan Swiss sehingga memungkinkan untuk menghasilkan susu sepanjang tahun.
Seperti ada yang paling cocok dari susu kambing bibit untuk kondisi cuaca panas, jenis kambing Nubia Anglo telah digunakan dalam program grading-up di banyak negara-negara tropis untuk meningkatkan produksi susu dan daging keturunan lokal.
Kambing jenis Anglo-Nubian adalah kambing jenis penghasil susu yan membanggakan Janis kambing ini  dinamai Nubia, karena pada awalnya ditemukan di timur laut Afrika. Kambing yang awalnya diimpor dari Afrika, Arab dan India berkaki panjang, kambing yang memiliki beberapa karakteristik yang diinginkan oleh peternak kambing di Inggris. English breeders crossed these imported bucks on the common short-haired does of England prior to 1895 to develop the Anglo-Nubian goat. Peternak Inggris yang mengimpor jenis ini sebelum tahun 1895 untuk mengembangkan Anglo-Nubian kambing. Yang berkembang biak Di Amerika Serikat biasanya disebut sebagai Nubia.
The Anglo-Nubian is regarded as an “aristocratic” appearing goat and has very long, pendulous ears that hang close to the head. Penampilan jenis kambing Anglo-Nubian dianggap sebagai “aristokrat” kaarena telinga yang panjang, terjumbai dan tergantung dekat kepala dan membawa jelas hidung romawi dan selalu berambut pendek.
. Setiap Jenis warna diperkirakan ada dalam jenis kambing ini, tapi hitam, merah atau cokelat adalah warna yang paling umum, apapun yang dapat dibawa kombinasi dengan putih. Biasanya Jantan memiliki rambut yang pendek, terutama di sepanjang punggung dan di paha, daripada yang umum ditemukan di  Swiss.
Ambing Anglo-Nubian adalah luas tetapi kadang-kadang lebih terjumbai daripada keturunan Swiss. Seekor kambing  Betina dewasa harus berdiri paling sedikit 30 inci pada layu dan beratnya 135 ponds atau lebih, sedangkan Jantan  harus berdiri sekurang-kurangnya 35 inci pada layu dan berat setidaknya  175 ponds . Biasanya menghasilkan kadar susu lebih sedikit daripada keturunan Swiss, tapi menghasilkan susu yang lebih tinggi kandungan lemak susu.
. Kepala berkembang biak adalah karakteristik khas, dengan profil wajah di antara mata dan moncongnya yang sangat cembung. Telinga panjang (memperpanjang setidaknya satu inci di luar moncong ketika diadakan rata di wajahlebar dan terjumbai berada dekat dengan kepala di kuil dan suar sedikit keluar dan maju baik di ujung bulat, membentuk sebuah “bel” bentuk.. Telinga tidak tebal, dengan tulang rawan terbentuk dengan baik. . Rambut pendek, halus dan mengilap.
Referensi:
Briggs, Hilton M and DM Briggs. Briggs, Hilton M dan DM Briggs. 1980. 1980. Modern Breeds of Livestock. Modern Breeds of Livestock. Forth Edition, MacMillan Company Forth Edition, MacMillan Company
Mason, IL World Dictionary of Livestock Breeds. Mason, IL World Dictionary Peternakan Breeds. Third Edition. Third Edition. CAB International. CAB International. 1988 1988
Handbook of Australian Livestock, Australian Meat & Livestock Corporation,1989, 3rd Edition Handbook of Australia Ternak, Australia Meat & Peternakan Corporation, 1989, 3rd Edition
Promotional Materials. Promotional Materials. American Dairy Goat Association, PO Box 865, Spindale, NC 28160. American Dairy Goat Association, PO Box 865, Spindale, NC 28.160. Phone: 704-286-3801 Telepon: 704-286-3801

Anatolia Black Goat

Juga Dikenal Sebagai: Kil-Keçi, Adi Keçi, Kara Keçi, Kilgoat, Turki Native
Anatolia Hitam dibesarkan di Turki untuk daging, susu dan seratMereka adalah bagian dari jenis Suriah dan sementara biasanya hitam mereka kadang-kadang terlihat di cokelat, abu-abu atau pied.
Reference: Referensi:
Mason, IL 1996. Mason, IL 1996. A World Dictionary of Livestock Breeds, Types and Varieties. A World Kamus Breeds Ternak, Jenis dan Varietas. Fourth Edition. Fourth Edition. CAB International. CAB International. 273 pp. 273 hlm.

Kambing Cashmere/kasmir Amerika

Cashmere serat raja, yang dihasilkan dari kambing Cashmere rendah. Serat ini sangat mewah bahwa Arc Perjanjian wasiat yang lama dan bertirai berderet dengan itu. Enam puluh persen dari pasokan dunia kasmir diproduksi di Cina dan sisanya dari Turki, Afghanistan, Irak, Iran, Kashmere, Australia dan Selandia Baru. Ini adalah industri baru untuk Amerika Serikat. Kambing Cashmere yang pertama diimpor dari Australia dan Selandia Baru di akhir 1980-an.. Sejak itu beberapa Cashmere peternak dan petani telah memproduksi pembiakan saham untuk memulai industri baru ini di Amerika Serikat.
Cashmere kambing mudah untuk diternakkan. Mereka adalah binatang yang sehat dan hanya membutuhkan perawatan minimal. Mereka tidak termasu kambing yang suka melompat lompat seperti banyak kambing bibit dan pagar standar  anyaman kawat domba akan mudah untuk dipakai sebagai pagar kandang kambing jenis ini. Kandang Minimal adalah semua yang diperlukan untuk rumah mereka karena sifat-sifat insulative mantel ganda mereka, yang ditumpahkan selama musim panas.
Mereka dicukur setahun sekali dan kambing yang tumbuh dewasa penuh akan menghasilkan uang sebanyak £ 2,5 dari bulu domba. Bulu terdiri dari dua jenis serat, kasmir dan rambut lapisan luar. Rata-rata persentase Kasmir berada di kisaran 20%. bulu domba dapat dijual kepada pembeli grosir atau dapat dehaired dan dijual dengan harga eceran untuk pemintal.

Reference: Referensi:

John Harris, Mitchell, NE. John Harris, Mitchell, NE. Internet mail: jharris@hannibal.wncc.cc.ne.us Internet mail: jharris@hannibal.wncc.cc.ne.usKris McGuire, President – Cashmere Producers of America Kris McGuire, Presiden – Cashmere Producers of America

Altai Mountain /Uni Soviet – Kambing Altai Mountain /Uni Soviet

Altai Mountain

juga Dikenal Oleh: Gornoaltaiiskaya (Rusia)
Kambing Gunung Altai jenis wol kambing terbentuk antara 1944 dan 1982 tentang pertanian kolektif dari Gorno-Altai Otonomi Daerah dari bekas Uni Soviet, padang rumput yang hijau sepanjang tahun.The Altai Mountain adalah hasil Don kambing digunakan untuk perbaikan kambing lokal.
Kambing Gunung Altai seragam dalam warna, ukuran, konformasi dan produksi wol. Mereka tercatat mempunyai kemampuan yang kuat dalam  beradaptasi dengan kondisi parah peternakan luas di dataran tinggi. Mereka memiliki berat yang relatif tinggi dan kualitas daging yang baik dan mampu menggemukkan cepat selama periode musim panas yang singkat.
Kambing Gunung Altai lebih unggul lokal dalam hidup yang berat (5-10 kg lebih) dan wol menghasilkan (3-4 kali lebih). Berat hidup jantan 65-70 kg dan yang betina adalah 41-44 kg. Namun, seperti kambing Altai lokal, mereka matang agak lambat dan tumbuh sampai usia 5-5,5 tahun.
Kambing Gunung Altai (bulu) wol memiliki kualitas teknis yang tinggi dan merupakan komoditas yang berharga untuk industri ringan. Data laboratorium menunjukkan bahwa sebenarnya serat wol panjang dalam silsilah kambing adalah 7,5-10 cm. Diameter rata-rata pada kambing dewasa 16-17 μm dan 15-16 μm pada kambing  muda.. Ada perbedaan jelas antara sisi kehalusan wol dan paha, rambut luar berdiameter 75-90 μm.Konten wol dalam silsilah bulu hewan adalah 65-70%. Keseragaman antara mereka tersebut tidak lebih dari 10%. Wol Hasil panen 600-900 g untuk Jantan  dan 450-600 g untuk betina. Serat panjang 8-9 cm untuk keduanya.
Kelangsungan hidup kambing ini dalam kondisi peternakan luas cukup memuaskan. Sepanjang tahun pemeliharaan di padang rumput yang tidak menyebabkan penurunan kualitas (kekuatan, panjang, kehalusan) dari wol, sebab tumbuh di musim yang menguntungkan dalam hal makan. Untuk Altai Mountain kambing, yang melebihi panjang wol (dengan diameter 16-20 mm) adalah 9-9,5 km. Sebagai perbandingan, Wol kambing Merino hingga 1 / 23 μm dengan diameter dianggap cukup kuat jika panjangnya tidak kurang dari 7 cm.
. Pembibitan dari Gunung Altai kambing diarahkan untuk pembesaran silsilah populasi kambing dan untuk meningkatkan produksi wol dan tinggal berat badan, tanpa kehilangan kemampuan beradaptasi yang baik untuk kondisi khusus di Siberia.
Silsilah kambing juga dipelihara untuk dijual ke peternakan lainnya. Pekerjaan ini dilakukan terutama dalam pertanian kolektifdalam jangka waktu 50 tahun dari Uni Soviet di distrik Agach Kosh- dan di Edigansky negara di kabupaten  Shebalin. Dalam beberapa tahun terakhir ini pertanian negara telah membuat kemajuan tertentu dalam meningkatkan silsilah kambing muda. Populasi kambing meningkat dari 7.700 pada tahun 1970 menjadi 9.900 pada tahun 1983, dan kasmir produksi meningkat dari 2.600 ke 3.840 kg.

Reference: Referensi:

Dmitriez, NG and Ernst, LK (1989) Animal Genetic Resources of the USSR. Dmitriez, NG dan Ernst, LK (1989) Hewan Sumberdaya Genetik Uni Soviet. Animal Production and Health Paper Publ. Produksi dan Kesehatan Hewan Kertas Publ. by FAO , Rome, 517 pp. oleh FAO, Rome, 517 hlm.
Mason, IL 1988. Mason, IL 1988. World Dictionary of Livestock Breeds. Kamus dunia Ternak Breeds. Third Edition. CAB International. Third Edition. CAB International. 348 pp. 348 hlm.

Alpines – Kambing Alpines

Jenis kambing Perancis-Alpine adalah jenis kambing yang berasal dari Pegunungan Alpen. Alpine kambing dari jenis yang dibawa ke Amerika Serikat dari Perancis di mana mereka telah dipilih untuk jauh lebih besar keseragaman, ukuran, dan produksi daripada yang benar dari kambing yang diambil dari Swiss ke Prancis.
Ukuran dan produksi daripada pola warna telah ditekankan dalam pengembangan Perancis-Alpine. Tidak ada warna yang berbeda telah ditetapkan, dan dapat berkisar dari putih murni melalui nuansa warna coklat kekuningan, abu-abu, cokelat, hitam, merah, menggertak, belang-belang, atau berbagai bayang-bayang atau kombinasi dari warna-warna ini. Kedua jenis kelamin umumnya berambut pendek, tapi biasanya dolar kecoak memiliki rambut panjang sepanjang tulang belakang.Janggut juga dapat ditemukan pada jenis kelamin Jantan . Telinga dalam Alpine harus berukuran sedang, bertekstur halus, dan lebih tegak.
Jenis Alpine Perancis adalah lebih besar dan lebih kurus kambing dan lebih bervariasi dalam ukuran daripada keturunan Swiss. Betina dewasa harus berdiri tidak kurang dari 30 inci pada layu dan harus berat tidak kurang dari 135 pound. Jantan  harus berdiri 34-40 inci pada layu dan berat tidak kurang dari 170 pound. Jenis Perancis-Alpine milkers betina yang sangat baik dan biasanya memiliki besar, baik berbentuk ambing dengan baik ditempatkan dot bentuk yang diinginkan. Sehingga anak kambing sangat mudah menyusu
Prancis-alpine juga disebut sebagai Kambing Susu Alpine dan surat registrasi untuk susu kambing ini menggunakan kedua sebutan dan mereka adalah sama. Dapat beradaptasi dan berkembang biak dalam iklim apapun dengan sangat baik. Wajah lurus.. Sebuah roman hidung, Toggenburg warna dan tanda-tanda, atau semua-putih adalah diskriminasi. Alpine colors are described by using the following terms: Warna alpine dijelaskan dengan menggunakan istilah-istilah berikut:
  • Cou Blanc – (coo blanc) secara harfiah “leher putih” – putih perempat depan dan bagian belakangnya hitam hitam atau abu-abu dengan tanda di kepala.
  • Cou Clair – (coo clair) Secara harfiah “jelas leher” – kuartal depan adalah tan, kunyit, off-putih, atau bayangan abu-abu dengan bagian belakangnya hitam.
  • Cou Noir (coo nwah) secara harfiah “leher hitam” – Black perempat depan dan bagian belakangnya putih.
  • Sundgau – (sundgow) hitam dengan tanda putih seperti bagian bawah bodi mobil, garis-garis wajah, dll
  • Pied – melihat atau berbintik-bintik.
  • Chamoisee – (shamwahzay) cokelat atau teluk – karakteristik tanda-tanda wajah hitam, dorsal stripe, kaki dan kaki dan kadang-kadang Martingale berjalan di atas layu dan turun ke dada. Spelling for male is chamoise. Ejaan untuk laki-laki adalah chamoise.
  • Dua-nada Chamoisee – lampu depan perempat cokelat atau abu-abu dengan bagian belakangnya. Ini bukan cou cou blanc atau clair sebagai istilah-istilah ini disediakan untuk binatang dengan kaki belakang hitam.
  • Broken Chamoisee – chamoisee patah yang solid dengan warna lain dengan menjadi banded atau memercikkan, dll
  • Setiap variasi dalam pola-pola di atas rusak dengan putih harus dijelaskan sebagai pola patah seperti patah cou blanc.

Referensi:

Briggs, Hilton M and DM Briggs. Briggs, Hilton M dan DM Briggs. 1980. 1980. Modern Breeds of Livestock. Forth Edition, MacMillan Company Modern Breeds of Livestock. Forth Edition, MacMillan Company
American Dairy Goat Association, PO Box 865, Spindale, NC 28160. American Dairy Goat Association, PO Box 865, Spindale, NC 28.160. Phone: 704-286-3801 Telepon: 704-286-3801

What's on Your Mind...

jangan lupa komment and follow